berita

Tingkatkan Publikasi di Media, santrimenara.com Selenggarakan Penghargaan dan Pelatihan Keredaksian 2021

3 Mins read

Kudus- Dalam rangka membangun sinergi antardivisi di PP IKSAB TBS dalam bidang penyebaran informasi kepada publik, Divisi Media PP IKSAB TBS, melaksanakan program penghargaan dan pelatihan keredaksian santrimenara.com, Sabtu (4/12/2021).

Acara dibuka secara resmi oleh Arif Must’in, M.Pd selaku Ketua PP IKSAB TBS bidang Penguatan Jaringan secara luring di gedung sekretariat PP IKSAB, Tanggulangin, Jati, Kudus. Yang menarik peserta dari kegiatan ini, diambil dari alumni TBS (IKSAB) yang dinobatkan sebagai nominator dan pemenang dalam ajang sayembara menulis esai santrimenara.com tahun 2021. Program ini selain bertujuan untuk memperingati Hari Santri Nasional dan Maulid Nabi Muhammad SAW juga sebagai bentuk apresiasi tim redaksi santrimenara.com dalam menyelenggarakan sayembara menulis esai sekaligus memberikan bekal bagi para nominator dan pemenang yang nantinya akan bergerak dan bergabung di media santrimenara.com. Setiap hari Tim redaksi santrimenara.com menyiapkan 1-5 berita per hari. Namun akhir-akhir ini terkendala dengan menurunnya semangat menulis dari tim redaksi. Oleh karena itu diperlukan pengkaderan tim redaksi melalui program tersebut sekaligus pengetahuan dasar agar dapat menjaga kualitas keredaksian yang ditulis.

Ketua PP IKSAB TBS bidang Penguatan Jaringan, Arif Musta’in,M.Pd, dalam sambutanya mengatakan, program ini dilaksankan selain untuk alumni TBS (IKSAB) dapat berkhidmah di TBS melalui media santrimenara.com juga menyatakan bahwa di era teknologi dan digitalisasi ini, kegiatan publikasi sangat penting untuk menyebarkan informasi kepada publik. Banyak kegiatan menarik yang berlangsung yang perlu dipublikasikan. Apalagi kalangan masyarakat saat ini sangat familiar mengoperasikan telepon genggam. Merupakan salah satu teknologi yang tidak dapat terlepas dari kehidupan sehari-hari. Selain mudah didapat, telephon genggam juga mudah digunakan kapan saja, dan di mana saja.  Oleh karena itu, Santrimenara.com sebagai wahana publikasi melalui website nya harus mampu menyajikan keredaksiannya yang berkualitas.

Baca Juga  Sarasehan Santri Tentang Perda Diniyah Dalam Grand Opening Hari Santri Kabupaten Kudus

“Saat ini divisi media PP IKSAB diberi amanat untuk rutin menjaga website santrimenara.com dengan mengeluarkan keredaksian setiap harinya. Pada saat ini, terjadi penurunan dalam keredaksian yang dirilis hampir berkisar 1-3 berita perbulannya. Hal tersebut tentunya dapat ditingkatkan, mengingat banyaknya kegiatan yang berlangsung,” ujarnya.

Para peserta dikenalkan dengan materi-materi yang sangat dibutuhkan ketika nantinya menjadi tim redaksi santrimenara.com. Pembicara pada pelatihan ini menghadirkan Direktur santrimenara.com sekaligus koordinator Divisi Media PP IKSAB TBS,  Dr. Abdullah Hamid, M.Pd dengan topik  “Pemetaan Media di Masa Depan”, Pimpinan Redaksi santrimenara.com, Faishol Firdaus, S.Ip,MA. Dengan topik “Bedah Fitur santrimenara.com”, wakil pimpinan redaksi II, Ferhadz Ammar Muhamad dengan topik  “Jurus Kilat Menulis Esai”, Wakil direktur I, Rosyidi, dengan topik “Menulis Artikel”, Web Master, Abu Tholib, S.Kom, dengan topik “Teknis Website”, Penanggung Jawab santrimenara.com, Dr. Nur Said, S.Ag,M.A, dengan topik “Penelitian Ilmiah”, Penanggung jawab santrimenara.com, Solla Taufiq,S.HI, dengan topik “Menulis Feature” dan diakhiri sesi rencana tindak lanjut kepenulisan sekaligus penganugrahan penghargaan pemenang sayembara menulis esai santri menara.com tahun 2021.

Bagaimana Penulisan keredaksian di santrimenara.com yang Baik dan Benar?

Wakil direktur I, Rosyidi, dengan topik “Menulis Artikel” yang biasa dipanggil Mas Eros memberikan tips-tips dalam membuat konten di media khususnya di kepenulisan artikel. Pertama yaitu mencari jawaban dalam membuat konten, mengkomunikasikan dari media terkait isu-isu lokal dalam keseharian agar tidak punah, mitos atau cerita akan menumbuhkan bukan memusnahkan. Ia berharap melalui pelatihan ini, bisa membantu publikasi berita untuk menaikkan reputasi santrimenara.com.

Pelatihan dilanjutkan oleh Wakil pimpinan redaksi II, Ferhadz Ammar Muhamad dengan topik  “Jurus Kilat Menulis Esai” mengatakan, dalam kepenulisan harus mempunyai “gaya” sebagai identitas/ simbol penulis. Selain itu juga memberikan jurus kilat dalam menulis esai dengan cara jurus 7 memberi seperti pembukaan, teori/sumber, masalah, sajian padat, ide yang fresh, asik dan inovatif, konflik serta diakhiri dengan kesimpulan.

Baca Juga  DHANDANGAN DAN GUSJIGANG DI TENGAH PENDEMI

Pimpinan Redaksi santrimenara.com, Faishol Firdaus, S.Ip,MA. Dengan topik “Bedah Fitur santrimenara.com” mengatakan, suatu berita harus memenuhi ktriteria kelayakan seperti memiliki unsur cepat (aktual), nyata (faktual), penting, dan menarik. Berita yang baik harus terstruktur yaitu terdiri dari judul berita, waktu berita (dateline), dan teras berita (lead). Liputan berita pun harus mengandung unsur 5W+1H. Ia juga menjelaskan beberapa aspek penting mengenai selingkup pemberitaan santrimenara.com mulai dari penulisan judul, penulisan titi mangsa, dateline, tubuh berita, dll. Ia berharap melalui kegiatan Penghargaan dan Pelatihan Keredaksian santrimenara.com 2021 yang bertujuan untuk mengajak kader muda TBS ikut aktif dalam berpartisipasi menghidupkan media TBS ini, diharapkan Media TBS bisa ikut eksis dan bermanfaat khusus di khalayak masyarakat kudus.  

Komentar
1 posts

About author
Pengajar SMK, IKSAB Angkatan 2013
Articles
Related posts
beritainfoNasional

Menag: Seleksi Mahasiswa Sarana Peningkatan Mutu PTKIN

1 Mins read
Dibaca: 17 Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas merilis Seleksi Prestasi Akademik Nasional – Ujian Masuk (SPAN – UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam… Share ke:Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru)
beritaharlahtbsiksabInternasionalke-TBSankudusmadrasahmasyayikh

Harlah Ke - 96, Madrasah TBS Gelar Temu Alumni dan Ngaji Bareng Masyayikh

1 Mins read
Dibaca: 22 Dalam rangka memperingati Hari Lahir ke – 96 Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus menggelar Temu Alumni dan Ngaji Bareng… Share ke:Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru)
beritakudusNU

Empat Tokoh Asal Kudus Masuk Jajaran Pengurus PBNU 2022-2027

1 Mins read
Dibaca: 38 Susunan kepengurusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama’ (PBNU) masa khidmah 2022-2027 sesuai Keputusan PBNU Nomor: 01/A.II.04/01/2022 yang ditandatangani oleh Rais Aam… Share ke:Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru)

 

Silakan komentar