beritake-TBSan

PP TBS Sambut Pergantian Tahun Dengan Malam Tirakatan

1 Mins read

SANTRIMENARA.COM, KUDUS – Mengawali program kerja pertama Persatuan Pelajar Madrasah Taswiquth Thullab Salafiyyah masa khidmah 1438-1439/2017-2018 kini telah menyelenggarakan kegiatan malam tirakatan 1 Muharram 1439 Hijriyyah yang dihelat oleh departemen keagaamaan dan dakwah (20/9) malam.

Kegiatan ini selain melaksanakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Persatuan Pelajar (PP) TBS juga sebagai wadah untuk melestarikan tradisi memeringati tahun baru hijriyyah, yang notabene di kalangan masyarakat saat ini kebanyakan menganggap memeringati tahun baru Hijriyyah itu bid’ah. Senada dengan keterangan romo KH. Musthafa Imron, S.H.I “Banyak orang menganggap tradisi memeringati tahun baru hijriyyah itu bid’ah, karena mereka tidak tahu arti sebenarnya dari bid’ah itu sendiri, memang memeringati tahun baru hijriyyah itu termasuk bid’ah, sebab hal tersebut belum ada di zaman nabi Muhammad SAW. Namun kegiatan tersebut termasuk bid’ah hasanah atau bid’ah yang baik dan hal tersebut bukanlah suatu perkara yang tidak diperbolehkan” jelas beliau saat menyampaikan sambutan.

Kegiatan yang bertempat di gedung MTs TBS itu diikuti 90 santri TBS, terdiri dari 25 santri tingkat Tsanawiyyah dan dari tingkat Aliyah 65 santri. Turut hadir pula romo KH. Musthafa Imron, S.H.I, KH. Abdullah Hafidz, K. Syu’aib Amin, K.Shomadi, Ust. Faisol Arijudin dan Ust. Ali Mahsun.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan do’a akhir tahun pada sore menjelang maghrib, setelah itu dilanjutkan sholat maghrib berjamaah dan membaca do’a awal tahun hijriyyah yang dipimpin K. Syua’ib Amin.

Acara dilanjutkan tahlil oleh Ust. Faisol Arijudin dan do’a tahlil oleh Romo KH. Musthafa Imron, S.H.I. Acara tausiyah disampaikan oleh K. Somadi, para santri mendengarkan dengan khidmat. “Awal tahun ini harus kita mulai dengan niatan yang baik, karena dari niat yang baik diri kita bisa menanamkan kebiasaan yang baik pula pada tahun berikutnya.’’ Tuturnya.

Baca Juga  Suasana di Desa Santri Kota Pekalongan

Muhammad Abdurrohim Ma’ruf  koordinator kegiatan malam tirakatan 1 Muharrom 1439 Hijriyyah saat ditemui di sela-sela kesibukannya menyampaikan “Dengan adanya kegiatan ini utamanya para santri TBS Kudus semoga dapat mengetahui dan mengenal lebih dalam tahun baru Islam atau malam tirakatan 1 Muharram itu sendiri serta dapat mengaplikasikannya di tengah-tengah masyarakat pada masa yang akan datang.” harapnya.

”Semoga tahun ini lebih banyak santri TBS yang mendunia karena saat ini alumni madrasah TBS Kudus sudah berada di lima benua dan semoga menjadikan nama TBS ini lebih mendunia.” Azka Yafina Ketua Umum Persatuan Pelajar Madrasah TBS Kudus berharap. (harish_ashfa)

Komentar
Related posts
beritaiksabInternasionaljeparake-TBSanKisahsantri

Kisah Santri TBS Lulus S2 dari Amerika Serikat

2 Mins read
Dibaca: 68 Baru-baru ini, Muhammad Taqiyuddin baru saja menyelesaikan studi magister dari salah satu kampus di Amerika Serikat, yakni University of Georgia… Share ke:Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru)
beritainfoNasional

Resmi Dikukuhkan, LP. Ma’arif NU Tangsel Canangkan Program Madrasah/Sekolah Unggul

1 Mins read
Dibaca: 24 Serpong—Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (PC LP. Maárif NU) Kota Tangerang Selatan masa khidmah 2020-2025 resmi dikukuhkan. Pelantikan… Share ke:Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru)
beritainfokudus

Hebat, Mahasiswi IAIN Kudus Raih Medali Emas di Ajang ONLI Tingkat Nasional

1 Mins read
Dibaca: 34 Kudus—Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Kudus meraih medali emas pada Olimpiade Numerasi dan Literasi Indonesia (ONLI) Session 2 Tahun 2021 Level… Share ke:Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru)

 

Silakan komentar