“Menelaah Keteladanan dari Bilik Pesantren”

Redaksi santrimenara.com mencoba menggelar sebuah sayembara menulis untuk internal ikatan alumni Madrasah TBS Kudus. Sayembara ini dimaksudkan untuk menjaring seluas-luasnya ikatan alumni Madrasah TBS yang tersebar diseluruh indonesia. Hal ini bertepatan dengan agenda tahunan yang diperingati setiap tanggal 25 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Sayembara ini berada dibawah kendali Divisi Media Ikatan Santri Abiturien (IKSAB) Madrasah TBS Kudus. Sayembara ini menjadi titik awal untuk mendongkrak kembali kinerja website milik alumni santrimenara.com untuk menjadi media rujukan bagi masyarakat luas. Maka dari itu, sayembara ini hanya ditujukan khusus kepada semua yang sedang atau pernah mengenyam pendidikan di lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan TBS Kudus. Kami juga mengajak para alumni dan santri yang masih mengenyam pendidikan untuk bersama memajukan literasi dan pengetahuan tentang keagamaan dengan menulis. Sebagaimana yang diketahui bersama, bahwa Madrasah TBS Kudus menjadi poros keilmuan fiqh, falak/astronomi dan nahwu. Dengan memumat gagasan dalam ilmu-ilmu yang menjadi rujukan masyarakat di website, hal tersebut akan memudahkan masyarakat mengakses dengan mudah. Maka dari itu, mari bersama sukseskan sayembara menulis esai santrimenara.com tahun 2021. Semoga dengan mengikuti sayemara ini, kita mampu bersaing dalam arus utama media siber.

A. Maksud dan Tujuan

1. Menyebarluaskan perkembangan dan ilmu-ilmu dasar falakiyah, fiqh dan nahwu kepada masyarakat agar dapat menjadi perbandingan dengan sumbersumber yang jelas dan sanad yang runtut.

2. Menjaring keaktifan kepenulisan bagi alumni TBS untuk dapat membuat kebermanfaatan bagi masyarakat luas;

3. Membangun kreatifitas dan uji kompetensi yang lebih baik sehingga mempunyai daya saing global;

4. Mensyiarkan kembali ilmu-ilmu masyayikh TBS untuk dapat dengan mudah dijangkau oleh masyarakat.

B. Sasaran Kegiatan

1. Alumni Madrasah TBS Kudus

2. Santri aktif semua lembaga pendidikan dalam naungan Yayasan TBS Kudus

PELAKSANAAN

A. Waktu Sayembara menulis esai santrimenara.com mempunyai beberapa rentang waktu, yaitu 15 September – 15 Otober 2021 penjaringan naskah, hingga 16-18 penjuarian dan pengumuman pemenang.

B. Bentuk Kegiatan Kegiatan ini berbentuk sayembara dengan menjaring sebanyak-banyaknya penulis kemudian diumumkan 3 pemenang.

C. Pengertian Sayembara ini memuat tulisan esai dengan bahasa yang bebas semi formal dengan mempertimbangkan kesopanan. Jika mencantumkan dalil, maka harus ditulis latin atau hanya artinya saja. Tidak boleh ditulis arab, mempertimbangkan eror pada word yang dikirimkan.

D. Sifat Kegiatan Sayembara menulis esai santrimenara ini bersifat terbuka bagi seluruh alumni atau santri aktif dari lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan TBS Kudus.

E. Tema Kegiatan “Menelaah Keteladanan dari Bilik Pesantren”

F. Ketentuan Umum a. Kompetisi ini terbatas alumni atau santri lembaga di bawah lembaga naungan Yayasan TBS Kudus dan tidak dipungut biaya.

b. Peserta adalah warga Indonesia, Ahlussunah Waljamaah an Nahdliyah.

c. Peserta wajib mengikuti seluruh akun media sosial Instagram= @santrimenara dan youtube= TBS TV d. Karya harus orisinil dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

G. Hadiah

a. Juara 1: Uang Tunai 1.000.000 + Sertivikat Cetak + Buku Terbit

b. Juara 2: Uang Tunai 750.000 + Sertivikat Cetak + Buku Terbit

c. Juara 3: Uang Tunai 500.000 + Sertivikat Cetak + Buku Tebit

d. 20 Besar: e-Sertivikat + Karyanya di bukukan dalam bentuk cetak

H. Garis Waktu Sayembara

a. 15 September – 15 Oktober 2021, penjaringan naskah,

b. 16 dan 17 Oktober 2021, Penjurian,

c. 18 Oktober 2021, Pengumuman Pemenang I. Kriteria/Aspek Penilaian

a. Orisinalitas (karya asli, tidak ada unsur plagiarisme. Keaslian naskah menjadi penanggung jawab peserta)

b. Kesesuaian dengan tema;

c. Kecakapan berbahsa Indonesia dan teknik kepenulisan, Sejauh mana penulis mampu menyusun antar kalimat dengan tepat dan paling hemat serta memberdayakan kekayaan berbahasa indonesia yang baik dan benar.

d. Kebaruan sudut pandang Sudut pandang yang baru bisa diambil ketika menempatkan objek yang dibahas berbeda dengan tema-tema yang sudah pernah dibahas sebelumnya.

e. Argumentasi yang masuk akal Meskipun memasukkan pendapat pribadi, tetapi harus masih dalam jangkauan nalar.

J. Pilihan Sub-sub Tema untuk dapat dikembangkan

a. Keselarasan Pesantren sebagai penerus dakwah Rasulullah;

b. Tokoh-tokoh di pesantren;

c. Pesatren sebagai budaya penyebaran islam ramah bukan islam marah;

d. Hubbulwathon minal iman dari zaman Rasulalloh hingga sekarang.

Catatan: Sub Tema dapat dikembangkan lagi oleh peserta.

Download File PDF (3 downloads)