kudus

Nguri-Uri Tradisi Maulid di Kudus

1 Mins read

Oleh Aslim Akmal

Setiap bulan Maulid tiba kota Kudus tidak pernah sepi dari acara muludan, yaitu kegiatan menyambut lahirnya Nabi Muhammad saw. Hampir sebulan penuh masjid dan musholla di Kudus diramaikan dengan pembacaan riwayat kehidupan Nabi Muhammad saw. Riwayat kehidupan Nabi Muhammad saw yang dibaca tersebut adalah yang dikarang oleh as-Sayyid Ja’far al-Barzanji dalam bentuk kumpulan syair dalam kitab Majmu’ah Maulid Syarafil Anam. Pada umumnya kegiatan ini dilakukan setelah maghrib atau isya’ dan orang-orang menyebutnya dengan istilah berzanjenan, mengambil dan meminjam nama pengarangnya.

Ada pula berzanjenan yang tidak dilakukan pada waktu awal malam (maghrib/isya’) tetapi sepertiga malam yang terakhir, yaitu setelah jam 02.00 sampai menjelang shubuh. Di Kudus, tradisi berzanjenan dini hari seperti ini pertama kali dirintis oleh Mbah R. Asnawi dan kegiatannya terpusat di pondok Bendan. Pada waktu itu yang selalu memimpin pembacaan al-Barzanji adalah Mbah Yai Ma’mun Achmad didampingi salah satu cucu R. Asnawi, Pakdhe R. Muhammad Su’ad. Selesai berzanjenan, Mbah R. Asnawi mengupas riwayat kehidupan Nabi Muhammad saw secara bersambung dari tahun ke tahun. Kegiatan ini dilakukan setiap tahun hingga menjelang kewafatannya.

Setelah Mbah R. Asnawi wafat tradisi ini sempat berhenti beberapa saat kemudian dihidupkan kembali oleh cucu R. Asnawi lainnya, Pakdhe H. Achmad Ni’am Zuhri. Pada masa ini, yang menjadi pembaca al-Barzanji ustadz Marjuni dan yang memberikan mauidloh hasanah Mbah Yai Sya’roni Ahmadi.

Alhamdulillah, tradisi ini masih dilanjutkan oleh buyut Mbah R. Asnawi, H. Hafidh Asnawi hingga sekarang.

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله واصحابه.

Komentar
Baca Juga  Kurban Kerbau, Belajar Mudarah Dari Larangan Sunan Kudus Menyembelih Sapi
Related posts
beritainfoke-TBSankudus

MA NU TBS Kudus Sukses Gelar Kompetisi Sains dan Seni Islam (KONSEN) 2021

1 Mins read
Dibaca: 57 Bertempat di gedung timur telah dilaksanakan Reformasi Pengurus baru PP IPNU MA NU TBS Kudus masa khidmat 2021-2022, Kamis (03/11)…. Share ke:Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru)
beritainfoke-TBSankudusMalangNasional

Alhamdulillah. MA NU TBS Raih Dua Penghargaan Tingkat Nasional

1 Mins read
Dibaca: 84 Dua tim dari MA NU Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus, berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus dalam Festival Cakrawala Qur’ani (FCQ)… Share ke:Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru)
beritainfokuduspesantrensantri

Semarak Hari Santri 2021, Pesantren Duta Aswaja Kudus Gelar Rangkaian Kegiatan

1 Mins read
Dibaca: 94 Dalam rangka menyemarakkan Maulid Nabi dan Hari Santri 2021, Pondok Pesantren Duta Aswaja Kudus menggelar pengajian umum, Sabtu (23/10). Pengajian… Share ke:Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru)

 

Silakan komentar