berita

Gandeng Gojek, IKSAB Bertekad Bentuk BUMO

2 Mins read

santrimenara.com, KUDUS – Pengurus Ikatan Siswa Abiturien (IKSAB) Madrsah TBS Kudus, berkerjasama dengan Gojek untuk membangun Badan Usaha Milik Organisasi (BUMO). Tekad tersebut dijelaskan oleh Koordinator Divisi Ekonomi Pengurus Pusat IKSAB, Abdul Aziz Noor, dalam acara Gandrung Ngaji edisi III, (Rabu, 17 Maret 2021). Aziz, sapaan akrabnya, menjelaskan kali ini pihaknya telah menggandeng GoMart dan GoFood untuk menunjang alumni yang mempunyai bisnis dibidang ritel dan kuliner.

Skema yang dijalankan oleh IKSAB adalah terlebih dahulu mendata semua alumni yang mempunyai bisnis di kedua bidang tersebut. Setelah itu akan diseleksi bisnis mana saja yang mempunyai potensi untuk dikembangkan dan dikenalkan sebagai bisnis milik alumni. “Penilainnya meliputi kehalalan dan kemanfaatan produk yang ada. Dari keduanya bisa ditarik kesimpulan bahwa produk siap dibranding besar-besaran,” jelas Aziz.

Sebenarnya tujuan utama untuk pembentukan BUMO tidak hanya semata-mata membesarkan organisasi saja, namun juga memberi kemanfaatan menyeluruh bagi alumni dan madrasah TBS. Organisasi yang mempunyai kualitas baik adalah organisasi yang dapat menggerakkan penghidupan ekonomi dalam tubuh organisasi. Tanpa adanya pertumbuhan ekonomi yang memadai, maka organisasi sulit untuk berkembang. “Ekonomi bukan hanya untung dan rugi saja, tetapi sebagai perwujudan kualitas ibadah yang baik juga,” ujar pria jebolan Al Azhar Cairo tersebut.

BUMO nantinya akan terdiri dari beberapa sub-bisnis yang meliputi, Koperasi, Korporasi dan Perusahaan. Adanya tiga sub-bisnis tersebut diyakini bisa mendorong kemandirian ekonomi para alumni. Pihaknya juga menyiapkan formulasi program dan akan dilakukan pengelompokan. Kelompok tersebut terdiri dari kelompok ekonomi, life skill, dan bidang sosial. Kelompok ekonomi bisa bergerak melalui pengembangan bisnis kecil-kecilan dan diproduksi berkala. Aziz mencontohkan bisnis rintisan yang nantinya akan berjalan adalah produk souvenir yang diadakan secara periodik dan seremonil. “Kita bisa menjual souvenir ketika acara-acara besar IKSAB. Seperti kaos dan gantungan kunci, itu sekecil contoh yang dampaknya besar untuk organisasi,” jelasnya panjang.

Baca Juga  Vaksin Bentuk Ikhtiar Bersama, Bukan Obat Covid-19

Sedang life skill adalah program untuk meningkatkan keterampilan individu alumni. Kongkritnya, nanti para alumni yang bisnisnya sedang merosot atau belum mempunyai bisnis akan didampingi dan jika perlu akan dilatih sesuai keterampilan yang kuasainya. Dari program ini, nantinya alumni yang sudah berada di atas, akan memberi stimulus bagi alumni yang bisnisnya merosot atau bahkan belum mempunyai bisnis sekalipun.

Terakhir, program bagian sosial adalah bentuk sebagai penggerak infaq. Nantinya infaq tersebut akan diberdayakan sebagai stimulus bagi alumni yang kurang mampu. “Sebagian lagi, akan diwujudkan sebagai beasiswa bagi siswa berprestasi yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,” pungkasnya.

Dari ketiga program tersebutlah nanntinya BUMO akan berjalan sebagai siklus ekonomi. Tujuannya jelas, untuk meningkatkan taraf ekonomi para alumni menjadi lebih baik. Alumni yang sudah sukses mendorong alumni yang kurang berkembang, sehingga bisa berkembang dan memberi kemanfaatan secara luas.

Menggerakkan dan meningkatkan taraf ekonomi juga bagian dari dakwah islam. Karena hari ini yang dicari adalah pendakwah yang sudah mapan secara finansial dan mumpuni dalam keilmuan agamanya. “Dakwah dengan harta lebih mudah diterima dan ditiru. Maka tajir dalam urusan duniawi juga ukhrowi itu sangat penting untuk meningkatkan taraf ibadah kita,” pungkasnya.

Reporter: Burhan
Editor: Ade Achmad Ismail

Komentar

Pros

  • +

Cons

  • -
Related posts
beritakudus

MUWAKKILI ala Mbah R. Asnawi

2 Mins read
Dibaca: 126 Oleh : Aslim Akmal Nikah adalah penghalal terjadinya hubungan badan antara seorang perempuan dengan laki-laki dengan lafadh nikah atau sejenisnya,… Share ke:Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru)
beritamasyayikh

Masayikh Madrasah TBS; KH. Musthofa Imron Tutup Usia

1 Mins read
Dibaca: 67 Santrimenara.com Berita duka kembali menimpa keluarga besar Madrasah TBS, Salah satu Masayikh, KH. Musthofa Imron Kembali ke hadapan Alloh SWT,… Share ke:Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru)
beritaiksabinfoInternasionalkudustbskudus

Keren! IKSAB TBS Akan Hadirkan Sosialisasi Kampus dari 12 Negara

1 Mins read
Dibaca: 182 Santrimenara.comDalam rangka memperkenalkan dunia kampus bagi calon lulusan madrasah, Ikatan Siswa Abiturien (IKSAB) Tasywiquth Thullab Salafiyyah (TBS) akan menyelenggarakan sosialisasi… Share ke:Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru)

 

Silakan komentar

×
berita

Pesan KH Hasan Fauzi dan K. Syafi’I untuk Santri MA NU TBS pada Peringatan Isro’ Mi’roj