Matangkan Peluncuran Media Muslimah, Madipu TBS Gelar LDJ Matangkan Peluncuran Media Muslimah, Madipu TBS Gelar LDJ
Dibaca: 553 SANTRIMENARA.COM, KUDUS – Persatuan Pelajar Madrasah Diniyyah Putri TBS atau lebih dikenal dengan PP Madipu TBS Jum’at (23/12) menggelar Latihan Dasar Jurnalistik... Matangkan Peluncuran Media Muslimah, Madipu TBS Gelar LDJ

SANTRIMENARA.COM, KUDUS – Persatuan Pelajar Madrasah Diniyyah Putri TBS atau lebih dikenal dengan PP Madipu TBS Jum’at (23/12) menggelar Latihan Dasar Jurnalistik dengan tema Saatnya Santriwati Menulis.

“Latihan Dasar Jurnalistik di Madipu kali ini memang kegiatan perdana karena semenjak Madipu berdiri belum pernah ada kegiatan pelatihan, meskipun begitu senior Madipu 20 tahun  sebelumnya ternyata sudah pernah menerbitkan majalah At Tasywiq.” kata Amryta Syifa ketua pelaksana. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kegiatan ini bermula dari masukan senior Madipu yang sudah berkiprah di organisasi Muslimat NU agar santriwati Madipu tidak ketinggalan dengan santri putra TBS dalam hal tulis menulis serta meneruskan kiprah seniornya yang pernah menerbitkan majalah At Tasywiq.

Dengan bekal restu dari KH Hasan Fauzi Kepala Madipu TBS serta modal optimis Syifa merekrut teman-teman santriwati bahkan sebagian alumni yang berminat dan berbakat untuk dilatih ilmu jurnalistik melalui LDJ. Kegiatan yang dimulai 09.00 sampai 16.00 WIB di MA NU TBS Kudus ini sebagaimana disampaikan Sailir Rahmah Ketua PP Madipu TBS bertujuan untuk memotivasi santriwati untuk menulis dan menggali potensi sesuai dengan bakat masing-masing.

Sebagai narasumber acara ini panitia menghadirkan Ahmad Irham dari SantriMenara.Com untuk menyampaikan materi Kode Etik Jurnalistik dan Penulisan Berita sedangkan materi Teknik Wawancara dan Investigasi News diisi oleh Agus Sulistiyanto dari Radar Kudus yang keduanya adalah mutakharijin madrasah TBS Kudus.

Di sela-sela materi Kode Etik Jurnalistik Irham berpesan kepada santriwati Madipu nanti ketika sudah terjun ke dunia jurnalistik agar menjadi jurnalis muslimah yang jujur bukan jurnalis Hammalat al Hathab sebagaimana isteri Abu Lahab yang kerjanya menabur fitnah dan menyebarkan berita bohong lebih-lebih di dunia global sekarang ini. Ia juga meminta untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap gambar atau berita hoax yang saat ini begitu mudah dan cepat sekali menyebar melalui media sosial.

Di akhir sesion Syifa memimpin rapat redaksi untuk memantapkan langkah menuju terbitnya majalah PP Madipu, pembuatan Website atau Blog, pengaktifan kembali Fanpage dan Instagram Madipu yang telah ditentukan personalnya sebagai admin masing-masing media. (smc-777)

Komentar

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Silakan komentar