Makalah Halaqah Dialogis Seputar Kurban Makalah Halaqah Dialogis Seputar Kurban
Dibaca: 338 Hukum Hukum asal Hukum asal kurban adalah Sunnah ‘Ain yang sangat dianjurkan bagi setiap individu (sunnah ‘ain muakkadah), dan Sunnah Kifayah yang... Makalah Halaqah Dialogis Seputar Kurban

Hukum

  1. Hukum asal

Hukum asal kurban adalah Sunnah ‘Ain yang sangat dianjurkan bagi setiap individu (sunnah ‘ain muakkadah), dan Sunnah Kifayah yang sangat dianjurkan bagi setiap keluarga (sunnah kifayah muakkadah). Jika salah satu dari anggota keluarga tersebut telah berkurban, maka anggota yang lain tidak terkena hukum makruh akibat tidak berkurban. Hukum sunnah ini berubah menjadi wajib ketika dinadzari.

  1. Hukum berkurban untuk orang yang sudah meninggal

Jika orang yang sudah meninggal tersebut telah berwasiat untuk dikurbani, maka hukum kurban tersebut adalah sah. Namun jika orang yang telah meninggal tersebut tidak berwasiat untuk dikurbani, maka terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama’, ada yang berpendapat tidak sah dan ada yang berpendapat sah.

Di antara ulama’ yang berpendapat sah adalah Imam Rafi’i, dengan alasan bahwa kurban adalah termasuk bagian dari sedekah, sedangkan sedekah yang ditujukan kepada orang yang sudah meninggal adalah sampai kepadanya berdasarkan ijma’ ulama.

Komentar
Previous page Next page
  • Abdullah Muis

    29/08/2017 #1 Author

    min, sekadar saran, mungkin alngkah baiknya makalah dibuat pdf dan mudah di unduh..

Silakan komentar